Kamis, 20 September 2012

Lapis Surabaya Green Tea

Penasaran  ingin buat lapis surabaya green tea, tapi aku tidak menemukan bubuk matcha/green tea di Belanda. Kebetulan ada temanku yang pulang ke indonesia, jadi aku minta tolong untuk membawa bubuk green tea. Aku minta tolong sama adikku di indonesia untuk membelinya dan menitipkan kepada temanku, terima kasih ya Reni (^_*). Lapis surabaya green tea ini aku buat untuk menyambut idul fitri  1433 H tahun ini.

Lapis Surabaya Green Tea ( Matcha)
Rachmah Setyawati
Modified Rita

Lapsur green tea


Bahan :
10 butir kuning telur
2 butir putih telur
100 gram gula pasir
10 gram emulsifer
55 gram tepung terigu
10 gram susu bubuk
10 gram tepung maizena
100 gram mentega dicairkan
vanili bubuk
selai nanas
1 sendok makan matcha, dilarutkan dengan sedikit air aduk sampai menjadi pasta.



Cara :
  1. Panaskan oven 170 derajat, lapisin loyang 24x24x5 cm dengan kertas roti yang telah diolesi mentega tipis.
  2. Campurkan tepung terigu, susu, maizena, vanilie dan ayak hingga tercampur rata.
  3. Kocok telur bersama gula hingga tercampur rata kemudian masukkan emulsifer naikkan speed, kocok  sampai putih kental dan berjejak.
  4. Masukkan sedikit demi sedikit campuran tepung dan mentega cair, aduk dengan kecepatan terendah.
  5. Tuang adonan kedalam loyang dan panggang selama 20 menit atau sampai kue matang dengan menggunakan tes tusuk gigi/tusuk sate. Apabila adonan tidak melekat pada tusuk gigi berarti kue telah matang.
  6. Buat adonan diatas 3 kali,  untuk lapisan hijau tambahkan terakhir pasta green tea aduk sampai rata dan homogen, panggang hingga matang.
  7. Olesi setiap lapisan dengan selai nanas. Tumpuk jadi satu mulai adonan putih, hijau dan putih. Hias kue sesuai dengan selera. Aku disini menggunakan coklat cair yang dituang diatas kue dan dibiarkan membeku. 
Aku sajikan lapsur ini dikala mendapat kunjungan silahturahmi dalam suasana lebaran. 

Salaaaaaam (^_*)
Rita

Tidak ada komentar: