Jumat, 13 April 2012

BOLU KUKUS SAKURA


Source : Farida
Modified : Rita

Bolu kukus sakura ini mengingatkanku  sewaktu duduk dibangku SMA. Agar uang saku sedikit berlebih, aku berusaha dagang dgn menjual bolu sakura. Ada susah dan senangnya. Klo habis semua hati ini senang krn mendapat untung tapi apabila tidak habis, yaaaa,... rugi dech :-(
Sisa bolu kmd aku bagikan kpd seluruh keluarga,.... mrk jadi happy dech (*_^) Resep ini ku dapat dari ibuku yg entah darimana asalnya????

Bahan :
500 gr tepung terigu
500 gram gula pasir
4 butir telur ayam
1 sdm susu bubuk
1sdt soda kue
1sdm baking powder
1 sdm bubuk spekoek
2 sdm mentega
1 sdt vanili
2 gelas air hangat ( 1 gls utk karamel dan 1 gls utk adonan telur)
Cetakan plastiek bolu sakura.

Cara membuat :
  1. Pisahkan 250 gr gula pasir dari 500 gr gula. Tuang diatas panci dan masak diatas panci sampi gula berwarna coklat dan mendidih (cara membuat karamel), segera tuang 1 gls air panas kedlm panci, aduk perlahan2x sampai gula larut, dan sisihkan.
  2. Sementara itu siapkan panci kukus diatas kompor, olesi cetakan kue sakura dgn mentega agar setelah kue matang tidak lengket didlm cetakan.
  3. Didalam mangkuk besar, ayak tepung terigu, soda kue, baking powder dan bubuk spekoek, sisihkan.
  4. Kocok telur, sisa gula (sebyk 250 gr) dan 2 sdm mkn mentega, sampai tercampur rata kmd tambahkan 1 gls air hangat kedlmnya.
  5. Campurkan kocokan telur ini kdlm mangkuk besar yg berisi campuran terigu, aduk rata, dan tidak berbutir. Kemudian masukkan karamel, aduk kembali hingga rata.
  6. Isi cetakan kurleb 2/3 bagian lalu kukus selama 15 menit, lalu dinginkan.


bolu kukus sakura

Tips : bisa dicombinasikan dgn potongan nangka. Bolu ini sangat praktis, tidak perlu memotong dan sangat cocok untuk traktasi ulang tahun anak2x disekolah,....
Salam,.. Rita

Tidak ada komentar: