Kamis, 20 September 2012

Barbie Birthday Cake

Nah tantangan kali ini adalah membuat barbie cake. Aku sudah beberapa kali membuatnya, jadi sudah punya trik-triknya bagaimana menutup cake barbie ini. Pesennya bolu coklat dan warnanya pink, diisi dengan coklat ganache. Cake ini untuk merayakan ulang tahun Inara yang ke 3 tahun. Selamat ulang tahun ya cantiek,... semoga jadi anak yang soleha, selalu mendapat rahmah baik di dunia dan diakhirat, amin.


Sponge Cake Coklat

Recipe by Fatmah Bahalwan

Bahan
8 butir telur
60 gram coklat bubuk
40 gram tepung maizena
100 gram tepung terigu
1 sendok makan emulsifer
100 gram mentega dicairkan
200 gram gula asir
1/4 sendok teh vanili

Cara membuat :

  1. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat, olesi loyang barbie dengan mentega dan sedikit tepung terigu, agar cake tidak menempel pada loyang.
  2. Ayak terigu, coklat bubuk dan maizena, campur rata.
  3. Kocok gula dan telur kemudian masukkan emulsifer, kocok dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan kental.
  4. Masukkan campuran tepung dan mentega cair bergantiaan. Aduk hingga rata dan homogen. Pastikan mentega cair tercampur rata, jika tidak mengakibatkan cake jadi bantat.
  5. Tuang dalam loyang barbie, panggang selama 45 menit atau hingga matang. Panas oven biasa berbeda-beda, maka kenalilah oven anda. 
Bahan ganache :
250 gram coklat dark cooking coklat potong-potong
125 cc susu cair
30 gram whipping cream
60 gram mentega tawar

Cara membuat ganache :
  • Lelehkan dark cooking coklat. Matikan api
  • Didihkan susu dan whipping cream. Tuang ke dalam coklat, diamkan sebentar (1 menit) kemudian aduk rata sampai lembut, licin dan mengkilap. Sisihkan.
  • Kocok butter sampai lembut dan creamy, masukkan ke dalam ganache secara bertahap (3 tahap). aduk rata. Masukkan ganache ke dalam kolkast, aduk setiap 5 menit sekali sampai menental dan siap oles.
Penyelesaian :
cake barbie di carving, ujungnya ditumpulkan menyerupai pinggang. Cake dibelah 3 kemudian diisi dengan coklat ganache dan ditumpuk kembali. Semir pinggiran cake dengan butter cream, diamkan 1 jam didalam koelkast agar buter cream membeku. Haluskan pinggiran rok barbie menggunakan spatel yg direndam air panas agar permukaan butter cream mulus. Nah ,....kemudian gilas fondant warna pink setebal 2 mm, dan tutup cake dengan fondant. Selanjutkan cake dapat dihias sesuai fantasi anda.

Selamat berkreasi (*_^)
Rita

Tidak ada komentar: