Sabtu, 29 Juni 2013

LAPIS LEGIT PRUNES

Ketertarikanku untuk membuat lapis legit sebenarnya setelah percakapan dengan manger. Manager aku orang belanda,... eeeh malah pernah buat lapis legit. Masa sech aku kalah sama londo ini? Bulak balik buka buku resep lapis legit. melihat waktu yang dibutuhkan, wooow semangatku pun pupus kembali.
Karena bulan ramadhan sudah berada di ambang pintu, jadi disemangatin dech buat si lapis legit ini untuk buka puasa. Rencananya aku potong2x sesuai dengan keinginan kemudian aku simpen di frezer. Sebelum berbuka harus dikeluarkan dahulu dari frezer agar tidak membeku

Aku kumpulkan semangat satu-satu karena memang membutuhkan waktu minimaal 3 jam untuk memanggang. Setelah bahan2x dipersiapkan dan anak2x sekolah, mulailah aku membakar kue lapis demi lapis. Setiap lapis dibutuhkan 10 menit dengan suhu 175 derajat. Semangatkupun bertambah karena sekarang aku dibelikan oven baru. Kunci utama baking adalah kenali dulu oven. Jadi harus banyak praktek dech. terutama karena ovenku ini digital dan memang model baru dengan kapasitas besar dari merk ini.

Aku pernah buat 2 resep sekaligus dan waktu yang dibutuhkan untuk memisahkan antara telur merah dan putih satu setengah jam,.....dan 7,5 jam lama pemanggangan waaaahhh,.....stress karena jam 04.00 pagi baru bisa tidur :(

Selagi menunggu setiap lapisan matang aku selingi juga dengan menyetrika baju. Lumayan 10 menit bisa nyetrika beberapa baju anak2x dan t'shirt suamiku, pokoknya kita harus pandai-pandai memange waktu dengan baik, hihihi,... efisien waktulah juga diselingi antar jemput anak-anak dari sekolah.
Yuks......... kita lihat resep lapis legit Ny. Liem yang terkenal di Bandung.



LAPIS LEGIT PRUNES
Source : Ny. Liem

Bahan 1
38 kuning telur
2 putih telur
375 gram gula bubuk
1/2 sdt vanilie bubuk
1 sdm cake emulsifier misalnya ovalet, Sp

Bahan 2 (kocok hingga mengembang)
400 gram mentega, aku pakai blue band
250 gram margarine.

Bahan 3 (campur dan ayak)
100 gram tepung terigu, aku pakai patent bloem
20 gram susu bubuk

Bahan 4
250 gram buah prunes kering, di NL namanya Pruim

CARA
1. Kocok bahan 2 hingga mengembang dan putih
2. Kocok bahan 1 menjadi satu hingga mengembang dan kental. Masukkan bahan 2 sambil dikocok hingga tercampur rata. Tambahkan bahan 3 kedalam adonan telur dan mentega sambil diaduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata
3. Alasi loyang 20x20x7 dengan kertas roti. Aku pakai loyang 23x23x7 cm. Tuang 1 sendok sayur adonan, ratakan. Panggang dengan api bawah dengan suhu 175 derajat C selama 10 menit hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, matikan api bawah lalu nyalakan api atas.
4. Tekan-tekan adonan dengan alat khusus, tuang kembali 1 sendok sayur adonan diatasnya, ratakan. Panggang kembali dengan api atas dengan suhu 175 derajat C, selama 10 menit dan berwarna kuning kecoklatan. Lakukan hal yg sama seperti tadi hingga adonan habis. Setiap lapisan ketiga taburi dengan buah prunes. Pada lapisan terakhir bisa ditaburi potongan kenari (optioneel)
5 Terakhir matikan api atas, lalu nyalakan kembali api bawah. Panggang kembali selama 10 menit hingga benar-benar matang. Angkat dan biarkan dingin
6. Potong-potong dan sajikan.

Selamat mencoba dan selamat menunaikan ibadah puasa :))

Salam, RH


Tidak ada komentar: