Sabtu, 29 Juni 2013

Rainbow cake

Cake yang satu ini merupakan cake yang paling digemari dan digandrungi. Membuatnya memang agak rumit karena harus dipanggang perlapis jika memiliki oven ukuran kecil. Alhamdulillah aku bisa memanggang 2 lapis sekaligus, jadi menghemat waktu, tenaga dan tentunya listrik :-D

Berawal dari keinginan custumer cilik Nazhifa yang ingin cake pelangi sebagai cake ulang tahunnya. Ibunya bertanya kepadaku, apakah aku bisa membuatnya. Terus terang aku belum pernah buat, serayaku. Tapi insyaallah aku akan coba membuatnya. Bilamana gagal aku akan beritahukan kalau aku tidak sanggup membuatnya, kataku kepada ibu nazhifa.

Dirumah jika ada kesempatan aku mencoba membuat si cake pelangi ini, kemudian aku bawa ke pengajian dimana anak-anaku mengaji. Ibu Nazhifa memang mengajar ngaji disana, dan merasa cocok dengan rasa cake pelangi ini. Nah,.....pesan si cantik ini hampir membuatku juga pingsan hahahahahaha,...... selain cake pelangi sebagai basicnya, doi minta didecor dan ada putri duyung ARIEL. Walah,.. tantangan tidak pernah ada habisnya (^_^)

RAINBOW CAKE
Source : Martha Stewart

Bahan :
375 gram tepung terigu

5 butir telur, ambil putihnya saja
4 sdt baking powder
1/2 sdt garam   
250 gram mentega tanpa garam
450 gram gula pasir
2 sdt vanila bubuk
350 ml susu cair
Mentega untuk mengoles loyang
Pewarna merah, jingga, kuning, hijau, biru dan ungu secukupnya
Buttercream lemon untuk Rainbow Cake

Cara membuat rainbow cake                    
1. Panaskan oven sampai 175 derajat celsius.
2. Siapkan loyang ukuran diameter 23 cm, oles dengan mentega. Anda bisa memakai 6 loyang langsung atau satu persatu menggunakannya untuk memanggang 6 lapis warna yang berbeda.
3. Ayak tepung terigu, baking powder dan garam, sisihkan.
4. Kocok mentega dan gula, tambahkan putik telur dan kocok hingga tercampur rata dan mengembang.
5. Tambahkan vanili bubuk, kemudian masukkan tepung hingga tercampur rata. Terakhir tambahkan susu. Timbang total adonan kemudian dibagi 6 enam bagian. Beri masing-masing pewarna merah, jingga, kuning, hijau, biru dan ungu secukupnya.
6. Masukkan adonan ke dalam loyang yang dilapisi dengan kertas roti dan dioles tipis mentega.
 panggang selama 15 menit,
7. Setelah matang, keluarkan kue dan dinginkan di atas rak kue selama 10 menit. Jika bagian atas kue menggembung, potong dengan pisau kue bergerigi agar permukaannya rata.
8. Beri alas kue pada meja atau meja putar khusus kue yang akan Anda pakai untuk menumpuk Rainbow Cake
9. Mulai dari cake warna ungu, letakkan di bagian bawah, beri lapisan buttercream dengan bantuan spatula, lalu tumpuk dengan cake warna biru. Lakukan seterusnya dengan urutan ungu - biru - hijau - kuning - jingga - merah.
10. Tutup semua bagian Rainbow Cake dengan buttercream yang tersisa. Tunggu hingga buttercream mengeras, dan disimpan didalam koelkast kira-kira 30 menit.
  
               






Decor sesuai keinginan.

Salam 
RH










Tidak ada komentar: