Sabtu, 29 Juni 2013

Klappertaart Durian

Beberapa waktu yang lalu klappertaart bertebaran di dinding facebook-ku. Melihat bahan2xnya saja aku tidak tertarik membuatnya.  Karena ku pikir dimana aku beli kelapa muda di Belanda? sampai seorang kenalan yang memang sedang vakantie ke negara kincir angin bertanya apakah aku bisa bikin klappertaart. "Di Indonesia memang sedang booming tuch" tambahnya lagi. Penasaran dengan rasanya, mulailah aku berpikir menggunakan kelapa muda yang beku saja, mungkin bisa.

Mulailah aku bereksperiment, aku beli kelapa muda beku dan aku cairkan, airnya dipisahkan kemudian tiriskan daging kelapa muda. Kelapa muda inilah yang aku pergunakan sedangkan air kelapamuda- nya aku minum, segaaar sekali dan rasanya manis. Pernah suatu kali karena terburu-buru namun kelapa muda masih beku didalam plastiek, akhirnya aku pergunakan fohn untuk mencairkan air kelapa muda. Segera aku sisihkan dan daging kelapanya aku buat klappertaart Hihihihi,... berhasil juga trikku ini  :)) memang kita harus smart juga dalam baking hohohohoho,...!!!












KLAPPERTAART DURIAN 
Source    : Ruri
Modified : Rita

Bahan:

750 ml susu segar cair
250 ml slagroom cair
50 gr tepung custard
50 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena
250 gula pasir
6 kuning telur
150 gr mentega
1 sdt vanilla

2 bungkus kelapa muda beku, bisa dibeli di toko orientaal/toko asia
2 buah durian beku tanpa biji bisa dibeli di toko orientaal (optioneel)
kismis, almond/kenari untuk topping.

Topping:
6 putih telur
4 sdm gula kastor
2 sdm tepung terigu
kismis secukupnya (direndam air hangat, peras dan percikkan vanilla)
almond secukupnya (bisa juga memakai kenari)
kayu manis bubuk secukupnya


Cara Membuat:
1. Larutkan tepung terigu, tepung maizena, tepung custard dengan slagroom cair, aduk rata dan pastikan tidak ada yang menggumpal. 
2. Panaskan susu segar dan gula, masukkan campuran slagroom cair dan tepung. Aduk terus hingga mengental dan meletup-letup. Pastikan untuk mengaduk hingga ke dasar panci agar tidak gosong. 
Angkat dari api, masukkan mentega, aduk rata. Masukkan vanilla, aduk rata.
3. Masukkan kuning telur satu persatu sambil terus diaduk rata dan kemudian masukkan daging kelapa muda dan daging durian. Aduk rata kembali.
4. Tuang adonan ke dalam cup alumunium  atau bisa juga dituang ke dalam pinggan tahan panas yang sudah dipoles tipis dengan mentega.
5. Panggang dengan cara au bain marie/ steam bake dengan suhu 170'C selama kurang lebih 15 menit.

Topping
1Kocok putih telur dengan menggunakan mixer, masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus dimixer hingga kaku.
2. Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan menggunakan spatula.
3. Masukkan campuran putih telur ke dalam piping bag dan semprotkan ke atas adonan setengah matang tadi hingga cukup tinggi.
4. Taburi atasnya dengan kayu manis bubuk kemudian taburi kembali dengan kismis dan almond.
5. Panggang lagi hingga topping berwarna kecoklatan, kira2x selama 10 menit. Angkat dan dinginkan.





Aku bawa klappy ini ke arisan temanku di Delft. Kabar yang aku terima sangat diluar dugaan, sebenarnya suami temanku itu tidak suka dengan durian, tapi kali ini hampir2x menjilati tempat bekas klappy, hihihihihi,...
Memang orang Belanda kurang suka dengan durian, tapi klappy durian,..... tak akan seorangpun sanggup menolaknya ;-)
Tapi kalau memang benar2x tidak suka durian, ya boleh di skip, jadilah klappertaart wilton.
Selamat mencoba (^_*)

Salam 
RH




Tidak ada komentar: