Kamis, 09 Agustus 2012

French Macarons

Kebanyakan kue kering hanya menggunakan merah telur, seperti nastar, kaastengels, semprit dll. Selain untuk adonannya juga untuk memoles  kue itu sendiri agar tampak cantiek dan menarik. Lalu masalah lain yang dihadapi akan kemanakah si putih telur (putel) ini???? Nah harus cari solusi untuk mendaur ulang putel. Sudah lama aku ingin membuat macarons ini, tapi enggan karena harus menghaluskan kacang amandel dulu. Lagipula banyak literatur yg menulis kalau membuat macarons sulit sekali. Selain memang tak boleh bersentuhan dengan minyak/vet, membuatnyapun membutuhkan kesabaran. Boleh percaya boleh tidak, aku buat untuk membujuk anakku agar segera mandi. Setelah mandi kue keinginannya sudah selesai. Itu perjanjian sama anakku stefan dan dia ikuti pesanku. Pertama stefan minta agar boleh menghaluskan kacang amandelnya. Nah pucuk dicinta ulampun tiba,... karena enggan menghaluskan amandel, aku biarkan stefan melakukannya, mengexploitasi anak judulnya hahahahahaha,....Kacang amandelnyapun seharusnya diayak, tapi aku gak lakukan. dan aku kira pasti gagal. Tapi tralalala,.....


French Macarons
Kue ini rasanya manieeeezz banged. Kalau tidak suka maniez gula castornya boleh dikurangi. Isinya aku pakai coklat frosting yang sudah jadi atau hazelnut pasta, karena memang hanya itu yang aku punya.

French Macarons
Sourced : Helene Dujardin

Bahan :
Pewarna makanan
100 cc putih telur
75 gram (2 1/2 oz) gula castor atau gula pasir
175 gr (6 oz) icing sugar atau gula bubuk
125 gr (4 1/2 oz) kacang amandel/almonds/kacang kenari
almonds essense (almonds aroma) jika suka (aku tidak pakai)
Bak paper/kertas roti

Cara membuat :
  1. Kacang almonds dihaluskan/diblender kemudian diayak. Campurkan kedalam gula bubuk yg juga telah diayak, aduk hinggak tercampur rata. Kocok putih telur kemudaian tambahkan gula pasir, kocok sampai soft peak (putih mulus dan kaku).
  2. Campurkan campuran almonds kedalam kocokan putih telur, aduk rata. Bagi adonan sesuai keinginan. Warnai setiap bagian dengan beberapa tetes pewarna, aduk sampai tercampur rata.
  3. Masukkan kedalam piping bag ( kantung segitiga) spuit diatas kertas roti. Ketuk-ketuk bawah loyang agar macarons merata dan diamkan kurang lebih 15-30 menit.
  4. Panggang selama 10 menit pada suhu 170-175 derajat kemudian turunkan suhu 150 derajat dan panggang selama 5 menit.  Tralala,... kue macarons siap diisi dengan filling sesuai selera.

Happy bakking (^_*)

Tidak ada komentar: