Selasa, 07 Agustus 2012

PUTRI SALJU


putri salju
Putri salju, nastar, atau kaastengels banyak ditawarkan atau dibuat menjelang ied atau idul fitri atau hari kemenangan atau lebaran. Kue kering ini selalu hadir hampir disetiap rumah selain tentu saja ketupat dan rendang. Beberapa minggu menjelang hari raya banyak orang-orang membuatnya atau menawarkan kue kering ini. Banyak pula yang mengais keuntungan hanya pada bulan ramadhan atau bulan puasa ini. Inilah salah satu keistimewaan bulan puasa atau ramadhan dimana orang-orang yang kurang beruntung dapat pula mencari rejeki dengan berjualan kue kering ini. Namun dijaman sekarang ini telah banyak menjamur pembuat kue rumahan dan tentunya harus bisa bersaing melalui rasa dan kualitas kue itu sendiri. Aku buat putri salju karena ada temanku di Delft yang pesan, setelah itu aku dapat kabar kalau semua kue kering yang aku buat enak banged dan cantiek-cantiek bentuk dan kemasannya. Wah senang sekali mendapat complimet dari customer pertamaku hihihihihi,...........Terima kasih ya mbak Enik :-)))

putri salju kacang mede
PUTRI SALJU
Sumber : Rita Harmsma

Bahan :
375 gram blue band ( aku pakai 275 gr blue band dan 100 gr mentega wijsman)
175 gram gula halus
450 gram terigu
250 gram kacang mede sangrai dan ditumbuk halus (aku pakai kacang mede panggang)
200 gram gula halus untuk ditaburi ( aku pakai vanilie suiker sudah dalam satu kemasan )
1/2 sendok teh vanilie

Cara Membuat :
1. Kocok gula halus dengan mentega sampai lembut, masukkan terigu dan kacang mede halus. Aduk sampai rata menjadi adonan yang dapat dibentuk dan tidak melekat diwadah lalu tutup dengan serbet simpan dikulkas selama 1 jam.
2. Setelah itu bulatkan sebesar ibu jari, dibentuk lonjong atau bulan sabit. Letakkan diloyang tanpa dioles mentega. Dioven dengan panas 150 derajat selama 20 menit, lalu dinginkan.
3. Gulingkan kue yang sudah dingin pada gula vanilie dan simpan ditoples dan tutup rapat.

Tips : gula vanilie bisa didapat dengan mencampurkan gula halus dan vanilie bubuk.

Selamat mecoba (^_^)

Tidak ada komentar: