Senin, 18 Juni 2012

Devil food cake


Devil food cake
Tahun ini tepatnya 16 april 2012 yang lalu bahtera pernikahan kami telah memasuki tahun ke 8. Tidak terasa waktu cepat berjalan. Tapi sayang kami harus menunda annyversary karena suami harus pergi tugas ke Belgie. Tanpa adanya perayaan sepertinya seperti sayur tanpa garam, hambar. Setelah suami pulang bertugas, saya buat devil food cake ini sebagai rasa bahagia kami karena tetap bersama dan tetap saling menyayangi,.. ehmm,... ehmm,...
Resepnya saya ambil dari Mrs. Martha Stewart. Setiap kali lihat devil foodnya, fuiiih jadi tertarik. Apalagi diolesi dengan coklat ganache yang tebal membuat setiap orang yang melihatnya tidak dapat menguasai diri dan lupa sama dieet hehehehehe,.....
Lalu kenapa dinamakan devil? Tidak ada hubungan dengan setan loh!!! Mungkin karena warnanya coklat pekat ????? hehehehe. Inilah cake ulang tahun pernikahan kita (* _^)
Tips : kalau untuk konsumsi sendiri buatnya setengah resep saja yah! Karena hasilnya bisa buat traktir orang sekampung, hahahahaha.....

Devil Food Cake

Bahan :
9 sendok makan bubuk coklat tanpa pemanis
200 gram tepung terigu (saya gunakan patent tarwebloem AH bukan reklame loh!!)
½ sendok teh garam
1 sendok teh baking soda
¼ sendok teh baking powder
115 gram mentega tawar, pada suhu kamar
300 gram gula pasir
2 butir telur ukuran besar, pada suhu kamar
120 cc kopi kental atau air
125 cc susu atau rendah lemak

Untuk frosting ganache:
2835 gram semisweet coklat bittersweet atau, dirajang kasar
375 water atau krim, (doublle cream)
340 gram mentega tawar

 Cara membuat cake :
  • Panaskan oven 180 derajat celcius
  • Alasi 2 buah loyang diamater 23 cm dengan kertas roti dan olesi mentega tipis-tipis.
  • ayak tepung terigu, soda kue, baking powder dan coklat bubuk dalam mangkuk kemudian sisihkan.
  • kocok mentega dan gula selama 5 menit atau dapat juga menggunakan whisk, lalu masukkan telur satu persaru, aduk sampai tercampur rata.
  • campurkan kopi dan susu.
  • Masukkan 1/2 campuran terigu kedalam kocokan telur dan mentega aduk rata tambahkan pula campura kopi dan susu. Lalu campurkan sisa 1/2 bagian terigu kedalam adonan aduk sampai tercampur rata. Bagi 2 adonan, kemudian tuang kedalam 2 buah loyang yang telah dioles mentega. Panggang selama kira-kira 25 menit tergantung pada oven masing-masing. Dinginkan sebelum di beri ganache.
Cara membuat ganache :
Cairkan coklat bersama air atau krim (doubble cream) dengan cara au bain marie, segera angkat. masukkan potongan mentega dan kocok sampai halus, dinginkan selama 1 jam pada suhu kamar.

Olesi cake dengan ganache, kemudian tumpuk dengan cake yang kedua, olesi kembali dengan ganache dan hias sesuai dengan keinginan dan kreasi masing-masing.

Selamat berkreasi

Tidak ada komentar: