Jumat, 05 April 2013

Homemade mie hijau

Sebagai seorang ibu sering menghadapi konflik dengan anak yang tidak mau makan sayuran atau sulit makan sayuran. Seperti halnya Amanda, putriku yang berumur 5 tahun. Dia selalu bertanya sebelum makan sesuatu. "Apa itu mama, apa ini mama?" Hal ini merupakan tantangan untuk mengakali dia agar tetap makan sayuran seperti misalnya bayam. Uuuhh, amanda anti sekali dengan bayam, pahadal bisa sekuat Popaye mengalahkan Brutus, setelah mengkonsumsi bayam,  hihihihi,.....mama termakan film kartun.

Akhirnya aku siasati membuat mie hijau. Warna hijau aku dapat dari bayam yang diblender dengan sedikit air, kemudian disaring. Caranya bisa diikuti dibawah ini ;-)

Mie ayam hijau
* 250 tepung terigu
* 1 sdm tepung tapioka
* 1/2 sdt garam
* 1 butir telur
* 50-100 ml perasan air daun bayam/daun sawi/sayuran hijau lainnya.
* alat penggiling mie/spaghetti

Cara : 
1. Tuang tepung terigu, tapung tapioka dan garam, kedalam baskom, aduk hingga tercampur rata. Masukkan telur kedalam perasan air bayam, kocok rata. Masukkan campuran ini kedalam tepung dan uleni hingga kalis, tidak menempel lagi pada tangan dan baskom/kom/wadah. 
2. Giling adonan sesuai cara pemakaian dari alat penggiling mie. Nah mie siap diolah sesuai dengan kehendak kita. Tentunya mie harus direbus dahulu seperti memasak mie instant.


Mia hijau ayam bakso jamur

yuuuks, silahkan dicoba ;-)

resep bakso sudah aku posting sebelumnya beserta ayam jamurnya. 
Silahkan berkreasi dan selamat makan (^_*)

Tidak ada komentar: